Selasa, 02 Agustus 2011

Gimana Cara Bikin Nilai Bagus?

Nah, gue sendiri juga bingung, (ya elah....) tapi dari pengalaman2 gue selama gue sekolah, gue sering dapet ujian dan butuh kesabaran untuk melaluinya. (Tips: Cobaan -> Dari setan. Ujian -> Dari Tuhan, jangan sampe salah arti, Hati2 guys, sinetron sekarang ngomongnya cobaan dari Tuhan, padahal salah.) Nah, belajar dari pengalaman gue, gue punya tips2 belajar buat loe2 pada. Nih, silahkan dilihat:

1. Main game sih boleh2 aja, asalkan pinjemin gamenya ke gue, (nggak, salah..)
Maksud gue kalo main game selalu inget waktu, kasih jam weker GEDE-GEDE di samping speaker lu.
Kalo misalnya elu di warnet, kasih billing.

2. Tahu diri kalau main game, maksud gue disini, kalo misalnya lu2 pada main game, usahakan tahu apa aja game2 saat mau ulangan, hari sekolah sama hari libur:

Kalo hari sekolah pilih game yang singkat gameplaynya: PointBlank, Idol Street dll.

Kalo hari sabtu minggu terserah mau RF, Dot-A, Grand Chase... tapi inget minggunya musti belajar, kalo 
game pagi2 aja sebentar kalo minggu, jangan sampai lupa waktu, (kalo Jum’at Sabtu puas2 in aja) atau beresin tugas pas Jum’at nya, baru main. Kalau belom selesai sabtu pagi juga bisa. Kalo udah selesai tingal main kan? Enaknya hidup ini...........

Kalo mau ulangan, JANGAN PERNAH COBA2 MAIN GAME. Pengalaman gue: Gue capek2 ngapalin Biologi (waktu itu ulangan Biologi), pas abis main game banyak yang lupa. Gimana tuh? (tips: bukan cuman terjadi ke gue doang loh, banyak).

3. Buat belajar jadi enjoy: sambil ada musik, setel AC (jangan dingin2, ntar tidur) duduk di kursi empuk, depanya meja. Ato di lantai, terserah lu, NGGAK MUSTI DENGAN KURSI KERAS DAN MEJA BELAJAR YANG NGEBETEIIN. Asal jangan pake cemilan terlalu banyak, ato snack berat, ntar gak konsen, apalagi sama minuman yang manis”, useless.

4. Buat Singkatan2/Istilah gak Jelas/sisipkan kata2 kotor/Singkatan yang maksa abis ato apalah gitu buat ngapalin sesuatu. Kayak Tabel Periodik Kimia, yah terserah lu sih, yang penting BOLEH KOK, NGGAK SALAH, NGGAK USAH KAKU, and SELOW AJA Mis: Ribosom ---> RibѲsѲM Jadi Ѳ (atau o) bentuknya kayak DNA, jadi Ribosom itu tempat DNA. (Maksa) Dijamin lebih gampang apalnya. Serius.

5. Update Twitter Fb Myspace, Pokoknya Tempat Curhat itu abis belajar, Jadi enak, udah selesai. Contohnya kalo liat TimeLine gue pasti kebanyakan jam 11an, pertanda gue udah selesai belajar. Berlaku juga untuk main alat musik.

6. Ngapalin Istilah panjang itu pake di grup-in, biar lebih gampang ngapalinya Mis: Megantropus PaleoJavanicus --> MegaN-Tropus PaleO-Java-Nikus. Dijamin Lebih gampang. (susah jelasinya)

7. Tanya yang lebih bisa kalo nggak bisa, guru ato temen ato kakak lu. Biasanya ortu sih gak terlalu, kecuali kalo emang Bapak/Emak lu guru. (tapi biasanya sibuk abis). Ato sama guru les, konsultasi aja, seloww. Biasanya guru2 non sekolah kalo ngajarin yang nggak bisa ngerasa dirinya berguna kok. Ato nggak sama kakak lu, tapi MUSTI YANG MASIH SEKOLAH/KULIAH, KALO UDAH KERJA BIASANYA LUPA, DAMN ITS TRUE. (apaa lagi.....) Kalo nggak bisa, solusi terakhir, gugel.

8. Jangan ada yang gangguin saat lu belajar, emang sih egois, tapi ini penting. Termasuk kalo buka internet...

9. JANGAN MALES, MOTIVASI DIRI LU BUAT BELAJAR. Misalnya: Kalo gue masuk UI, pasti gue dapet pacar banyak, orang tua mana sih yang nggak mau anaknya pacaran sama orang UI? (serius), jadi gue musti belajar dengan sungguh2. Sebenarnya terserah lu sih, yah apa kek gitu. 
 
11. Terus coba... Never Give Up To Reach The Stars.. Until we’re old....

12. Lu itu makhluk dengan kapasitas otak paling besar dari mamalia2 lain, termasuk monyet.... (iya kan?)

13. Belajar siang kalo perlu. Biasanya sih otak masih nyambung sama pelajaran, kalo malem biasanya udah kaga, males, dll. Makanya siang, selain bisa ngerjain tugas lebih enak, nggak serem kan dibanding malem?

14. Minta hadiah kalo dapet ranking bagus, yah sekalian motivasi diri lo aja, gak repot kok, asal yang wajar aja, asal nilai lu bagus pasti dibeliin (yang wajar aja boss, palingan mobil, istri, rumah, uang satu milyar) <---yang ini sesat.

15. Selalu inget pas lagi belajar: Pinter = Lebih Dihargaiin lebih daripada orang ganteng/cantik tapi tolol.

16. Doa, cuman 3 huruf, tapi pengaruhnya gede buat keberhasilan elo belajar.

17. Kalo sakit, jangan belajar. Pusing, malah akhirnya tambah sakit. Belajar pas lagi sehat, manfaatin waktu sebaik2 nya.

Sekian tips dari gue. Selalu inget ini dalam belajar:


Dead is Easy, Life is Harder” - #Twilight 2010

2 komentar:

  1. good tips....
    add one tip, dont even under estimated with your brain..

    BalasHapus
  2. keren bro tips nya. Terutama yang terakhir, gue jadi terinsprirasi buat sakit2an.

    Mau nambah ahh:

    1. Kalo belajar jangan duduk, tapi jongkok. Ambil piring/mangkok dan taruh di bawah bokong lo.

    2. Tiap 5 menit selingi dengan ngupil. Ya, ngupil. Tapi jangan dibuang atau dipeperin di kasur. Jilat dengan penuh perasaan. Dijamin. Asin!

    4. (gak bisa ngitung) Berdasarkan yang gue tau, belajar paling efektf di saat subuh. Kalo lagi ujian, gue biasq tidur jam 20.30 & bangun jam 2 subuh. Cuci muka - boker - belajar. Sebelum tidur jangan lupa ngupil.

    Salam Dombakeren bro tips nya. Terutama yang terakhir, gue jadi terinsprirasi buat sakit2an.

    Mau nambah ahh:

    1. Kalo belajar jangan duduk, tapi jongkok. Ambil piring/mangkok dan taruh di bawah bokong lo.

    2. Tiap 5 menit selingi dengan ngupil. Ya, ngupil. Tapi jangan dibuang atau dipeperin di kasur. Jilat dengan penuh perasaan. Dijamin. Asin!

    4. (gak bisa ngitung) Berdasarkan yang gue tau, belajar paling efektf di saat subuh. Kalo lagi ujian, gue biasq tidur jam 20.30 & bangun jam 2 subuh. Cuci muka - boker - belajar. Sebelum tidur jangan lupa ngupil.

    Salam Domba

    BalasHapus